Way Kambas Taman Nasional Tertua

    WAY KAMBAS *Lampung*

Hasil gambar untuk way kambas

Terletak di ujung selatan Sumatera, 110 km dari Bandarlampung, yang Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah salah satu cagar tertua di Indonesia. Ini menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung. TNWK sangat erat kaitannya dengan gajah, karena selain menjadi tempat perlindungan bagi raksasa lembut tersebut, taman nasional ini juga dikenal sebagai tempat latihan mereka.
Way Kambas didirikan sebagai cagar oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1937. Sayangnya, antara tahun 1954 dan 1974 itu intensif penebangan. Pada tahun 1978, diusulkan sebagai taman nasional, dengan deklarasi sementara pada tahun 1989, dan deklarasi akhir tahun 1997.
Hal ini diyakini bahwa sekitar 200 gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranensis) hidup dalam taman nasional. Gajah Sumatera adalah salah satu dari tiga subspesies yang diakui Asian Elephant, dan asli Pulau Sumatera. Secara umum, gajah Asia lebih kecil dibandingkan dengan Afrika dan memiliki titik badan tertinggi di kepala. Di antara gajah Asia, gajah Sumatera adalah yang terkecil, dengan tinggi bahu berkisar antara 2 meter dan 3,2 meter (6,6 kaki. 10,5 ft). Gajah liar Sumatera yang sebelumnya ditemukan di delapan provinsi Sumatera. Namun, vegetasi yang padat dan hutan hujan tropis yang kusut  membuat sulit untuk memperkirakan jumlah pasti mereka.
Secara resmi didirikan pada tahun 1985, Pusat Pelatihan Gajah, yang terletak 9 km dari pintu masuk taman Plang Ijo, adalah sebuah pendirian yang bertujuan untuk melindungi keberadaan gajah dan pada saat yang sama menciptakan saling menguntungkan untuk kedua gajah dan manusia. Pusat pelatihan juga mengingatkan pada saat raja atau sultan memerintah Sumatera, ketika gajah dilatih dan dikerahkan dalam perang dan juga untuk tujuan seremonial. Di sini, pengunjung dapat mengamati gajah melakukan berbagai tugas seperti mengangkut kayu atau membajak sawah. Mereka juga dapat melakukan kegiatan aneh seperti bermain sepak bola atau pertunjukan yang menghibur lainnya.
Juga beroperasi di taman adalah Sumatera Rhino Sanctuary (SRS), di mana badak, sebelumnya diadakan di penangkaran diperkenalkan dengan alam sekitarnya dengan harapan penangkaran sukses. Pusat penangkaran didirikan pada tahun 1995, dan meliputi 100 hektar (247 hektar) untuk propagasi, penelitian dan pendidikan. Lima badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang hidup di Suaka Rhino Sumatera - Rosa, Ratu, Bina, Torgamba, dan Andalas - berfungsi sebagai duta untuk rekan-rekan liar mereka. Mereka juga bertindak sebagai spesimen untuk pendidikan bagi masyarakat lokal dan masyarakat umum dan memainkan bagian penting untuk memastikan keberadaan terus menerus spesies mereka.
Daerah sekitar Way Kanan, sebuah sub-distrik taman yang sering dikunjungi oleh para pengamat burung. Spesies yang paling luar biasa adalah bebek putih bersayap dan bangau Storm.
Mamalia lain yang juga menghuni taman nasional meliputi: harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), anjing hutan (Cuon alpinus sumatrensis), dan monyet siamang (Hylobates syndactylus syndactylus). Di antara 406 jenis burung adalah: bebek hutan (Cairina scutulata), Sandang kuntul lawe (Ciconia episcopus stormi), Bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), sempidan biru (Lophura ignita), Kuau (Argusianus argus argus), dan ular pecuk (Anhinga melanogaster). Ada juga banyak reptil, ikan, dan serangga di dalam tempat suci TNWK.
TNWK juga rumah bagi banyak flora eksotis. Diantaranya adalah: api-api (Avicennia marina), Pidada (. Sonneratia sp), nipah (Nypa fruticans), gelam (Melaleuca leucadendron), salam (Syzygium polyanthum), rawang (Glochidion borneensis), ketapang (Terminalia cattapa), cemara laut (Casuarina equisetifolia), pandan (Pandanus sp.), puspa (Schima wallichii), meranti (Shorea sp.), minyak (Dipterocarpus gracilis), dan ramin (Gonystylus bancanus).

  • Tips

Izin untuk masuk TNWK dapat diperoleh di pintu gerbang. Juga dapat diperoleh dari HQ konservasi di Bandar Lampung (Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11). Kantor-kantor ini adalah setengah kilometer ke atas bukit dari stasiun bus Rajabasa Lama. Semua orang di kantor sangat ramah dan membantu dan akan dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang Way Kambas.
  • Aktifitas

Hasil gambar untuk way kambas
Di Pusat Pelatihan Gajah (PLG), ada atraksi gajah setiap sore dengan khusus pertandingan sepak bola gajah digelar setiap akhir pekan. Pusat PLG g berkaitan dengan aspek pelatihan gajah, sedangkan pusat di Plang Ijo dirancang untuk menginformasikan tentang taman, satwa liar, dan isu-isu konservasi.
Bagi para pengunjung rata-rata tidak terlibat dalam konservasi kehidupan liar, kunjungan ke taman adalah istirahat yang bagus dari kungkungan beton kehidupan kota yang ramai. Panduan tersedia sekitar Way Kanan, tetapi Anda tidak harus berusaha untuk masuk hutan tanpa penjaga karena berbahaya dan Anda dapat dengan mudah tersesat.
Motor boat  dan pengemudi dapat disewa untuk perjalanan ke pantai, dengan perjalanan pendek yang tersedia dan harga sesuai. Jika Anda ingin potter sekitar, sebuah sampan (perahu dayung) tersedia untuk disewa. Ini modus tenang transportasi mungkin lebih cocok untuk melihat satwa liar.
  • Mencapai Lokasi

Hasil gambar untuk way kambas
Jika Anda menggunakan transportasi umum, rute yang paling sederhana adalah mengambil bus dari Rajabasa Terminal di Bandar Lampung ke arah Way Jepara. Turun di gajah batu di Rajabasa Lama Desa, Way Jepara, dan melanjutkan naik "Ojek" atau naik taksi sepeda motor ke Way Kanan atau Pusat Latihan Gajah (PLG), yang merupakan pintu masuk ke TNWK. Perlu diketahui bahwa bus langsung terakhir kembali ke Rajabasa Lama kembali pada pukul 15.00 WIB Waktu Indonesia Barat, dan akan lebih baik jika Anda tiba sebelum senja, karena "Ojek" tidak akan mendorong Anda ke sana setelah waktu ini. Seluruh perjalanan akan memakan waktu sekitar sekitar 2-3 jam. Atau, dari Bandar Lampung, Anda dapat naik bus ke Metro dan kemudian bus lain untuk Rajabasa Lama yang juga berlangsung sekitar 2-3 jam.
Jika Anda kebetulan menggunakan atau menyewa mobil, dari Bandar Lampung mengambil jalan ke utara Kota Bumi dan ikuti tanda-tanda serial gajah yang mudah akan membawa Anda ke TNWK. Hal ini dimungkinkan untuk menyewa taksi dari Bandar Lampung ke Way Kambas tetapi jauh lebih mahal. Dari Bandarlampung ke Kabupaten Lampung timur, jalan relatif dalam kondisi baik. Namun, karena Anda memasuki daerah Sukadana, perjalanan akan  bergelombang sedikit sejak beberapa bagian jalan dalam kondisi buruk. Dari pasar Way Jepara ke pintu masuk TNWK kondisi jalan buruk sepanjang 5 Km.
  • Penginapan

1.    Satwa Sumatra Elephant Ecolodge
2.    Way Kanan Resort
3.    Pusat Pelatihan Gajah
4.    Way Kambas National Park Camping Ground
5.    YESTOYA Club House Hotel

sumber : https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/taman-nasional/taman-nasional-way-kambas-tempat-habitat-gajah-sumatera

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surga Tersembunyi di Gunung Rinjani

Kampus Stipram dan Wonderfull Indonesia

Pulau Derawan Spot terbaik di Kalimantan