Patung Yesus yang Memberkati Kota Toraja


 PATUNG YESUS *Toraja*
Hasil gambar untuk patung yesus toraja

Patung Yesus yang berdiri secara keseluruhan setinggi 40 meter di puncak Buntu Burake menghadap Kota Makale digadang-gadang mengalahkan tinggi Patung Kritus Penebus di Brasil karena letaknya berada pada elevasi 1.100 mdpl. Kalau tinggi patungnya saja masih kalah tinggi, namun kalau tinggi dari permukaan laut, monumen di Buntu Burake ini adalah yang tertinggi.


Awal Januari 2015 kemarin saya berkesempatan mengunjungi patung Yesus tersebut atas panduan pemuda asli Toraja yang juga sahabat baik di instagram. Awalnya sih dia nggak mau saya ajak ke Buntu Burake karena memang kalau siang panas banget disana. Dengan alasan saya yang sudah datang jauh-jauh dari Majene ke Toraja, akhirnya dia mau juga mengantar.


Puncak Buntu Burake yang terletak sekitar tiga kilometer ke timur dari Makale, pusat kota Tana Toraja. Tak begitu jauh dari kolam Makale ke arah Rantepao terdapat lorong di depan SMA 2 Makale yang lumayan menanjak. Tengok saja di sebelah kanan jalan. Lorong tersebut akan membawa kita menuju puncak Buntu Burake.

Jalanan pada awalnya masih beraspal, namun sepertiga ke atas masih didominasi bebatuan. Santai saja, masih dalam proses pembenahan kok. Sebentar lagi paling sudah mulus sampe puncak. Tapi pastinya yang datang semakin membludak. Keuntungan datang pas jalanan masih jelek adalah pengunjungnya masih lumayan dikit. Terlebih di instagram belum banyak foto buntu burake yang di post.


Kendaraan roda dua maupun empat saat itu sudah bisa sampai parkiran di bawah patung. Tapi harus dipersiapkan kesehatan kendaraannya tentunya dan diharapkan mengendarainya dengan hati-hati saat mendaki bukit.
Hasil gambar untuk patung yesus toraja jalananMeski panas dan akses menuju kesana belum bagus, namun di siang bolong itu lumayan rame juga yang sudah sampai atas dan tengah berfoto ria.
Tak perlu kuatir mengenai tempat parkir. Sebelum area patung, terdapat tanah lapang yang bisa menampung kendaraan roda dua maupun roda empat pengunjung.

Dari area parkir, kita perlu berjalan menanjaki satu tonjolan bukit lagi sebelum akhirnya sampai di pelataran patung. Jangan tanya bagaimana pemandangannya. Keren banget pastinya. Dengan view pegunungan di sekitar serta pusat Kota Makale lengkap dengan kolamnya bisa kita nikmati dari atas.


Hasil gambar untuk patung yesus toraja jalanan
Sudah barang tentu landmark Tanah Toraja ini sebentar lagi bakal tenar dengan bantuan sosial media yang makin kesini makin bermacam-macam saja. Nggak diharapkan jika ramainya pengunjung berbanding lurus dengan tingkat vandalisme. Saat itu saya lihat, belum sepenuhnya rampung digarap saja sudah banyak coretan di landasan patung. Semoga saja tidak berlanjut dan ada tindakan tegas dari pengelola mengenai hal tersebut.
Rencananya di kawasan monumen ini juga akan dibangun museum dan juga Mushollah sebagai fasilitas pendukung. Sehingga tempat ini nantinya bukan hanya untuk nasrani saja, tetapi terbuka untuk umum. Dengan harapan toleransi antar umat beragama juga bisa dipegang teguh.

sumber : http://www.ardiyanta.com/2016/01/patung-yesus-tertinggi-ada-di-buntu-burake-toraja.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surga Tersembunyi di Gunung Rinjani

Kampus Stipram dan Wonderfull Indonesia

Pulau Derawan Spot terbaik di Kalimantan